Senin, 22 Maret 2010

Materi Perilaku Organisasi

0 komentar

PERILAKU ORGANISASI

1. Pengertian Perilaku Organisasi
Perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi, atau kelompok tertentu. Studi tersebut mencakup pembahasan tentang aspek yang ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia yang bekerja di dalamnya; juga aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi dimana mereka berada.

Selain itu perilaku organisasi didefiniskan juga sebagai suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).

Perilaku organisasi juga dikenal sebagai Studi tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metode-metode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang Sumber daya manusia dan psikologi industri serta perilaku organisasi. Dimana studi organisasi sendiri merupakan telaah tentang pribadi dan dinamika kelompok dan konteks organisasi, serta sifat organisasi itu sendiri. Setiap kali orang berinteraksi dalam organisasi, banyak faktor yang ikut bermain. Studi organisasi berusaha untuk memahami dan menyusun model-model dari faktor-faktor ini.


Seperti halnya dengan semua ilmu sosial, perilaku organisasi berusaha untuk mengontrol, memprediksikan, dan menjelaskan. Namun ada sejumlah kontroversi mengenai dampak etis dari pemusatan perhatian terhadap perilaku pekerja. Karena itu, perilaku organisasi (dan studi yang berdekatan dengannya, yaitu psikologi industri) kadang-kadang dituduh telah menjadi alat ilmiah bagi pihak yang berkuasa. Terlepas dari tuduhan-tuduhan itu, Perilaku Organisasi dapat memainkan peranan penting dalam perkembangan organisasi dan keberhasilan kerja.


2. Mengapa Perilaku Organisasi Harus Dipelajari
Beberapa hal yang melatarbelakangi mengapa perilaku organisasi harus dipelajari yaitu
• Perilaku organisasi menjadi semakin penting dalam ekonomi global ketika orang dengan berbagai latar belakang dan nilai budaya harus bekerja bersama-sama secara efektif dan efisien. Disiplin ilmu perilaku organisasi dapat digunakan sebagai arahan/dasar bagi pelaku organisasi dalam melakukan tugasnya dalam organisasi sehingga tujuan yang harus dicapai dalam suatu organisasi dapat terwujud.
• Perilaku organisasi juga dapat dijadikan sebagai pedoman bagi seorang atasan yang memiliki peran sebagai leadership atau managership dalam membuat keputusan yang baik, dimana dalam menjalankan keputusan tersebut seorang atasan tidak keluar dari ranah organisasi.
• Perilaku organisasi juga dapat membantu dalam memahami karakteristik struktur organisasi dan pola hubungan antar anggota dan bagian dalam organisasi, karena setiap keputusan yang diambil oleh pelaku organisasi memiliki dampak terhadap anggota organisasi yang lain oleh karena itu perlu adanya pemahaman terhadap faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi anggota organisasi lain.


3. Tujuan Perilaku Organisasi
Tujuan perilaku organisasi yaitu memperlancar upaya pencapaian tujuan organisasi, dimana seluruh pengambilan keputusan dalam pencapaian tujuan organisasi diambil dengan melihat pada hubungan sebab dan akibat, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.

Selain itu tujuan perilaku organisasi yang lain yaitu digunakan sebagai dasar dalam memperbaiki efektivitas organisasi agar mempermudah dalam pencapaian tujuan organisasi.

Perilaku organisasi juga bertujuan dalam menjelaskan, meramalkan, dan mengendalikan perilaku manusia. Ketika kita mencari jawaban untuk mengapa seorang individu atau sekelompok individu melakukan sesuatu, kita pasti akan meminta penjelasan, karena apabila kita ingin memahami sebuah fenomena kita harus mulai dengan mencoba menjelaskan sehingga penyebab dari suatu kejadian/fenomena dapat segera kita ketahui.

Sebagai contoh adalah ketika seorang karyawan yang dihargai mengundurkan diri, kita pasti ingin tahu mengapa karyawan tersebut mengundurkan diri dan apakah bisa dicegah. Karyawan berhenti dari pekerjaan mereka karena berbagai alasan. Namun, jika penjelasan untuk berhenti adalah alasan gaji yang tidak cukup dan karena pekerjaan yang membosankan maka atasan/manager dapat mengambil tindakan yang akan memperbaiki situasi ini di masa depan Tujuan dari prediksi berfokus pada peristiwa-peristiwa masa depan untuk menentukan apa yang akan mengakibatkan hasil dari tindakan tertentu.


Sumber:
- http://www.slideshare.net/cakchairul/perilaku-organisasi-sebagai-disiplin-ilmu
- nurulasfiah.staff.umm.ac.id/files/2010/01/materi-10-ob.ppt
- issuu.com/mursalin2009/docs/materi-1-ob
- herwanparwiyanto.staff.uns.ac.id/tag/perilaku-organisasi
- http://rinoan.staff.uns.ac.id/files/2009/02/pengantar-perilaku-organisasi-v-2.pdf
- http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.associatedcontent.com/article/167571

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda